Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Shindi Aulia, Reni Suwenti, Tatu Maesaroh, Yeni Sulaeman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SDN 1 Jalupangmulya, Banten. Metode demonstrasi dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan interaktif, meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV, dan instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari siklus I (67,56), siklus II (71,39), hingga siklus III (77,91). Observasi juga menunjukkan peningkatan partisipasi siswa. Penelitian ini menyarankan agar guru terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik (SM) dengan e-ISSN: 3089-3569 merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur. Jurnal ini dapat dijadikan sebagai wadah publikasi ...