cover
Contact Name
Yeni Sulaeman
Contact Email
pppmstkipsm@gmail.com
Phone
+6287772225958
Journal Mail Official
pppmstkipsm@gmail.com
Editorial Address
Jalan Raya Labuan Kilometer 5 Kadulisung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten Indonesia, 42253.
Location
Kab. pandeglang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
ISSN : -     EISSN : 30893569     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik (SM) dengan e-ISSN: 3089-3569 merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur. Jurnal ini dapat dijadikan sebagai wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti pada semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal SM ini terbit perdana pada tahun 2024 dan terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni (Semester Genap) dan Desember (Semester Ganjil) dengan harapan dapat memberikan kemudahan bagi Author untuk submit tulisan hasil penelitian terbaiknya disini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING Waeroh, Yeni Sulaeman, Rifki Arif Nugraha, Iim Khairunnisa
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode role playing terhadap pembelajaran drama. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PTK. Dengan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan, dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negri 1 Jalupangmulya. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode role playing merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode role playing maka keterampilan menulis teks drama dan berdrama siswa kelas V SD Negeri 1 Jalupangmulya dapat meningkat hal tersebut dapat dilihat dari ketercapaian nilai KKM siswa dan prosentase yang mengalami peningkatan dari siklus I 56,25% , siklus II 68,75% dan siklus III 100% , jadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode role playing adalah sebesar 35%
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI Shindi Aulia, Reni Suwenti, Tatu Maesaroh, Yeni Sulaeman
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SDN 1 Jalupangmulya, Banten. Metode demonstrasi dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan interaktif, meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV, dan instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari siklus I (67,56), siklus II (71,39), hingga siklus III (77,91). Observasi juga menunjukkan peningkatan partisipasi siswa. Penelitian ini menyarankan agar guru terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Dina Palentina, Usep Saepul Mustakim, Yeni Sulaeman, Rifki Arif Nugraha
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Project Based Learning pada kelas IV SDN Kotadukuh 2 Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus yang diawali denga pra siklus terlebih dahulu dan masing-masing siklus terdapat 2 kali pertumuan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus hanya mendapatkan nilai rata-rata 22,22% dan pada siklus I ada peningkatan menjadi 55,55%, pada siklus II mencapai nilai rata-rata 88,88%. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa menggunakan Model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN Kotadukuh 2.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SD DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL Lulu Lutfiah Fitria, Yeni Sulaeman, Tatu Maesaroh, Dede Imtihanudin
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sumber energi hasil belajar siswa masih sangat rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran materi sumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Ssumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas III pada semester II tahun pelajaran 2023/2024 melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Metode analisis datanya adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Contextual Taeching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari hasil yang didapatkan pada awalnya mencapai nilai rata-rata 54,64 dengan presentase 35,71% pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,86 dengan presentase 50% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 77,32 dengan presentase 89,28% . Berdasarkan hasil penelitian, bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas III SDN Curuglanglang 1Kecamatan Munju Kabupaten Pandeglang Banten
MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI Siti Aisah, Yeni Sulaeman, Ajeng Muliasari3 Omah Muqarromah
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini berfokus pada Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN Gunungbatu 1 Munjul Penelitian yang dipaparkan di artikel ini melibatkan siswa kelas lV SDN Gunungbatu 1 Munjul. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa metode Demonstrasi dapat Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan metode Demonstrasi di kelas IV SDN Gunungbatu 1 Munjul. Penggunaan metode demonstrasi menjadi alternative yang efektif dalam pembelajaran IPA pada mata pelajaran IPA kelas atas dan metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas rendah Sekolah Dasar.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN AGAMA DAN MORAL ANAK  MELALUI PEMBIASAAN Rohaniyah, Eka Setiawati, Hadi Sutiawan
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Religious moral ability is the ability of children to obey the rules/religious values held by the local community, namely  human behavior that is in accordance with the expectations, rules, and habits of a certain group of people. Religious  morality is important to develop because it will be the basis or foundation for children to navigate life. From the results  of observations in the field of children aged 5-6 years old, the play group at KB Bina Umat found that children's  abilities in the aspect of religious moral development were relatively low. The research technique used is Classroom  Action Research which is carried out with the aim of improving the moral and religious abilities of children aged 5-6  years at KB Bina Umat. The data source of this study is 5-6 years old children in the play group, researchers,  collaborators, and principals at KB Bina Umat.The results of the study show that learning through habituation can  improve the religious moral ability of children aged 5-6 years at KB Bina Umat, Serang Regency. The success rate of  the activity is significant. In pre-cycle activities, the average percentage of 38.67% increased to 55.67% in the first  cycle, and increased to 90.33% in the second cycle. 
IMPROVING CHILDREN'S SERI SKILLS THROUGH LOOSE PARTS MEDIA Rohilah Wati, Nandang Faturohman, Anggi Rahmani
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to describe the ability of serialization through loose parts media in group B children at PAUD Nurul Ulum Lebak Wangi. The subjects studied were 12 children of group B of PAUD Nurul Ulum Lebak Wangi. The data collection technique uses observation and documentation. The results of this study showed that the average value of the seriation ability in the pre-cycle was 44.79%, in the first cycle the development rate obtained a percentage of 51.04%. and in the second cycle it increased to 93.22%. Based on the description above, it can be concluded that there is an increase in the ability of serialization through loose parts media in group B in Lebak wangi, Serang Regency - Banten.
MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKETAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR AUD DI PAUD GEMBOR PERTIWI BINUANG Saniah, Eneng Sri Susilawati, Hadi Sutiawan
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The main goal to be achieved in this study is to find out the ability to recognize numbers in children in KB PAUD Al Hidayah, Pamarayan District. The subjects in this study are all 9 students in class A of KB PAUD Al-Hidayah, Pamarayan District. This type of research is a collaborative classroom action research consisting of two cycles where each cycle is carried out four meetings. The data collection techniques used are obervation and documentation. The data analysis used  is descriptive, qualitative, and quantitative. The results of the study showed that there was an increase in the ability to  recognize the number of children in group A in KB PAUD Al-Hidayah, Pamarayan District. In the implementation of the Pre-Cycle, the ability to recognize the number of children reached 33.33%, which shows that the implementation of the  Pre-Cycle is still in the criteria for starting to develop. In Cycle I, the implementation of improvement actions increased by 51.4%, which showed that the criteria developed as expected. And in Cycle II it reached 90.28%, which shows that the creteria is developing very well. Based on the results of the research above, it can be concluded that the ability to recognize the number of children in Group C of PAUD Al-Hidayah Pamarayan District through the number card method has increased. 
MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DENGAN METODE PENGHAFALAN HADITS-HADITS (5-6 TAHUN) DI PAUD INSAN TAQWA Siti Aminah, Suherman, Hadi Sutiawan
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan nilai-nilai moral dan agama dengan meotde penghafalan haditshadits adalah kemampuan bersikap, bertingkah laku dan bertindak. Dalam penanaman nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini perlu adanya beberapa metode penghafalan hadits-hadits. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini di PAUD Insan Taqwa Desa Blokang Kecamatan Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang melibatkan seorang guru di kelas B1. Data yang dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai moral dan agama anak usia dini di PAUD Insan Taqwa Desa Blokang Kecamatan Bandungyaitu. Pemberian metode tersebut adalah kegiatan yang dilakukan dengan memberi contoh yang baik terhadap anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan berbagai macam metode tersebut dalam mengembangkan penanaman nilai-nilai moral dan agama anak usia di PAUD Insan Taqwa Desa Blokang Kecamatan Bandung, bercerita tentang keutamaan sholat, doa-doa sesudah sholat, doa untuk kedua orang tu, anak mampu mengenal apa saja ciptaan Allah SWT. Dan sebagainya. Ada beberapa metode yang dapat mengembangkan penanaman nilai-nilai moral dan agama adalah metode bercerita, metode karyawisata, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, metode pembiasaan, dan metode bercakap-cakap.
EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI Siti Hadjah, Nandang Faturohman, Subhan
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study aims to understand the effectiveness of media puzzles in improving  mathematical skills among children in group A at BKB Kemas Daarul Rohman.  The research used a sample size of 12 students and used observation, observation,  and documentation techniques. The results showed that the use of media puzzles  consistently improved students' mathematical skills. The data before the use of  media puzzles showed a significant increase in students' performance, with 7 out  of 12 students in group BB at 58.3%, 1 child in group MB, 2 children in group  BSH, and 2 children in group BBS. However, the use of media puzzles did notsignificantly improve students' performance in group B, with 10 out of 12 students  at 83.3% performing well in this group. Only 8.3% of students in group B and 8.3%  in group B were still in group B. 

Page 1 of 3 | Total Record : 23