Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Serumpun Mencipta
Vol. 1 No. 2, September (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Serumpun Mencipta

PENDAMPINGAN KELAS LITERASI BERUPA CALISTUNG PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA PASIREURIH

Chairunnisa Chairunnisa, Iin Suhartini, Lisma April Lia, Endin Muhidin, Hilman Jayadiningrat (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Literasi adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan berpikir, menulis dan membaca. calistung adalah kemampuan yang memungkinkan seseorang berkomunikasi secara angka, tulisan, atau lisan Kegiatan calistung memiliki manfaat bagi anak-anak, salah satunya adalah rasa senang bersekolah. Anak-anak yang sudah menguasai calistung sejak dini merasa betah di sekolah dibandingkan dengan anak-anak yang belum menguasainya. Mereka juga menjadikan sekolah dan belajar sebagai bagian penting dari hidupnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendampingan belajar secara langsung. Mahasiswa KKN kelompok 06 STKIP Syekh Manshur membantu siswa dalam mengatasi masalah pembelajaran. Pembelajaran pendampingan adalah upaya untuk membantu siswa dalam menentukan pilihan dan memecahkan masalah belajar individu maupun kelompokberdasarkan hasil kegiatan bimbingan belajar Program calistung , dilaksanakan dua kali pada hari Kamis dan Jumat di posko. Kegiatan dimulai dengan pendampingan siswa kemudian penyediaan materi. Setelah mendapatkan materi, siswa dilatih membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan calistung memberikan anak-anak Desa Pasireurih rasa tanggung jawab untuk belajar. hasil dari kegiatan tersebut mendapat dukungan baik dari orang tua dan anak-anakdapat disimpulkan, pendampingan pembelajaran dilakukan secara langsung dengan mendampingi anak-anak belajar di Posko. Dalam upaya memajukan pendidikan, berbagai inovasi sangat penting untuk meningkatkan budaya literasi. Kegiatan kemahasiswaan sangat membantu anak-anak SD dalam membaca, menulis dan berhitung.

Copyrights © 2024