Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah

Pengembangan Bisnis E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Rahmawati, Azizah (Unknown)
Elisa, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang bisnis e-commerce dalam perspektif ekonomi syariah. Metode yang digunakan adalah library research (studi perpustakaan), hasil temuan bisnis e-commerce telah menjadi kekuatan dalam perkekonomian global dan memicu pertumbuhan yang sangat pesat serta menunjang segala kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Maka semakin penting bagi umat Islam untuk mentelaah secara mendalam tentang bagaimana cara mengimplementasikan prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam pengembangan bisnis e-commerce. Agar bisnis e-commerce sesuai dan dapat digunakan oleh seluruh umat Islam. E-commerce memiliki kesamaan dengan konsep akad Bai’ ass-salam dalam Islam yang ditinjau dari sifat barang yang ditangguhkan dan pembayaran disegerakan. Menganalisis kerangka kerja hukum Islam yang mengatur proses penjual serta implikasi dan praktisnya terhadap pelaku bisnis dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bisnis e-commerce harus mematuhi segala syarat dan rukun yang telah ditetapkan dalam Islam berdasarkan al-Qur’an dan hadits serta mengikuti prinsip-prinsip ekonomi syariah seperti kepatuhan terhadap hukum Islam (halal dan haram), larangan riba (bunga), ‘adl (keadilan) dalam bisnis, transparansi dan tanggung jawab sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al-amal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is a scholarly journal focusing on Islamic Business Management, published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of the Institut Agama Islam An Nadwah Kuala Tungkal. The journal is published biannually in July and December. Al Amal welcomes and ...