Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 2 (2022)

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MATA PELAJARAN IPS DI MI SABILUL MUTTAQIN

Muhammad Sajjad, Arsyad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi strategi pembelajaran outdoor learning dalam mata pelajaran IPS di MI Sabilul Muttaqin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Informan yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi strategi pembelajaran outdoor learning yang diintegrasikan dengan mata pelajaran IPS. Kedua, implementasi outdoor learning merupakan salah satu alternatif dalam mata pelajaran IPS yang sesuai dan cocok dengan materi IPS. Implementasi strategi pembelajaran outdoor learning dalam mata pelajaran IPS dilaksanakan di MI Sabilul Muttaqin diharapkan mampu bermanfaat sebagai upaya menyajikan mata pelajaran IPS dengan lingkungan belajar di luar kelas/ruangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...