Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 2 (2023)

Penguatan Pendidikan Karakter Gemar Membaca di Era Digital Melalui Gerakan Literasi Sekolah

Retno Intan Kuswari (Unknown)
Muhammad Saiqul Huda (Unknown)
Faidl Mabrurotul Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat baca masyarakat Indonesia yang semakin mengkhawatirkan. Perlu upaya dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia salah satunya adalah dengan menanamkan pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah untuk peserta didik dalam meningkatkan minat membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu paduan wawancara, paduan obeservasi dan penelaahan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) perencaan dalam gerakan literasi sekolah dibuat dengan memperhatikan kemampuan peserta didik dan kesiapan sekolah dalam melaksanakan kegiatan gerakan literasi sekolah, 2) pelaksanaan dalam gerakan literasi sekolah menitikberatkan pada pembiasaan membaca buku dan implementasinya dalam keseharian, 3) hasil yang didapatkan dalam pendidikan karakter gemar membaca mampu meningkatkan minat peserta didik dalam membaca buku dan mempengaruhi kemampuan akademiknya. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Gemar Membaca, Gerakan Literasi Sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...