Guru harus mampu mengelola kelas dengan baik dan memilih metode yang tepat. Salah satu metode yang efektif adalah metode pembelajaran Cooperative Script. Dengan metode ini, siswa belajar berpikir kritis secara individual dan mengutarakan hasil pemikirannya. Selain itu, mereka juga dapat memperbaiki kekurangan siswa lain melalui diskusi face-to-face atau dengan pasangan sebangku. Melalui artikel ini, peneliti memaparkan tentang proses penerapan metode Cooperative Script yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Aceh Tengah. Desain atau rancangan penelitian ini menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kuantitatif menggunakan dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Cooperative Script dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Aceh Tengah dibuktikan dengan rata-rata nilai akhir (X) kelas eksperimen = 79,6.
Copyrights © 2024