Pembelajaran sangatlah penting diaktualisasikan untuk mencerdaskan setiap anak di negeri ini serta meningkatkan mutu pribadi pada setiap pribadi manusia. Belajar tidak memandang usia, sampai kapanpun belajar harus terus terlaksana. Al-Qur’an adalah Kalamulloh yang diturunkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW, diantara tujuannya adalah untuk menjadi pedoman dan menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia di bumi ini. Untuk memahami isi Al-Qur’an perlu adanya pembelajaran yang mendalam. Ilmu dasar Al-Qur’an adalah ilmu bagaimana cara membacanya dengan baik dan benar. Supaya menghindari kesalahan membaca ayat-ayat Allah ini setiap insan sangatlah perlu mempelajari ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah menyampaikan pembelajaran ilmu tajwid melalui kajian kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Aliyah Al-Fatah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang berjenis deskriptif kualitatif, yang mana lokasi penelitiannya bertempat di Madrasah Aliyah Al-Fatah Mojokerto, dengan subjek penelitian siswa kelas XI. Serta mendapatkan hasil bahwa metode yang digunakan untuk memahami ilmu tajwid menggunakan kajian kitab Hidayatus Sibyan ada tiga, ketiga tersebut adalah: 1) menghafal setiap nadzom berguna untuk mempermudah dalam pemahaman, 2) lalaran (membaca setiap nadzom pada kitab dengan nada yang sudah ditentukan) berguna untuk mempermudah menghafal dan mengingat-ingat nadzom yang sudah dihafalkan, 3) menerapkan dalam ayat yang terdapat pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits.
Copyrights © 2022