Amaliyatu Tadris (AMYTA)
Vol. 1 No. 1 (2022): Agustus

Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid melalui Kitab Nadzam Hidayatus Sibyan Pada Mata Pelajaran Qurdits Siswa Kelas XI MA Al-Fatah Mojokerto

Wahyudi, Imam (Unknown)
Ahmad Zeintoro, Raka (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran sangatlah penting diaktualisasikan untuk mencerdaskan setiap anak di negeri ini serta meningkatkan mutu pribadi pada setiap pribadi manusia. Belajar tidak memandang usia, sampai kapanpun belajar harus terus terlaksana. Al-Qur’an adalah Kalamulloh yang diturunkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW, diantara tujuannya adalah untuk menjadi pedoman dan menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia di bumi ini. Untuk memahami isi Al-Qur’an perlu adanya pembelajaran yang mendalam. Ilmu dasar Al-Qur’an adalah ilmu bagaimana cara membacanya dengan baik dan benar. Supaya menghindari kesalahan membaca ayat-ayat Allah ini setiap insan sangatlah perlu mempelajari ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah menyampaikan pembelajaran ilmu tajwid melalui kajian kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Aliyah Al-Fatah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang berjenis deskriptif kualitatif, yang mana lokasi penelitiannya bertempat di Madrasah Aliyah Al-Fatah Mojokerto, dengan subjek penelitian siswa kelas XI. Serta mendapatkan hasil bahwa metode yang digunakan untuk memahami ilmu tajwid menggunakan kajian kitab Hidayatus Sibyan ada tiga, ketiga tersebut adalah: 1) menghafal setiap nadzom berguna untuk mempermudah dalam pemahaman, 2) lalaran (membaca setiap nadzom pada kitab dengan nada yang sudah ditentukan) berguna untuk mempermudah menghafal dan mengingat-ingat nadzom yang sudah dihafalkan, 3) menerapkan dalam ayat yang terdapat pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

amyta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Amaliyatu Tadris meliputi :1. Metodologi Pembelajaran, 2. Strategi Pembelajaran, 3. Penelitian Tindakan Kelas, 4. Literasi Media Pembelajaran. 6. Pengembangan Kurikulum, 7. Evaluasi Pembelajaran, 8. Pengembangan Profesi Guru, 9. Integrasi Teknologi dalam ...