Amaliyatu Tadris (AMYTA)
Vol. 3 No. 1 (2024): Agustus

Strategi Mahasiswa Institut Agama Islam Uluwiyah dalam Menghadapi Soal Listening TOEFL

Khikmiyah, Siti (Unknown)
Rama Bintang Hendrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penguasaan bahasa Inggris meliputi empat skill, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan mendengar. Namun kenyataannya masih banyak dari para pembelajar bahasa Inggris ini yang merasa kesulitan ketika menghadapai soal-soal ujian bahasa inggris terutama dalam aspek mendengarkan, tak terkecuali juga di kalangan mahasiswa. Hal itu dikarenakan pelafalan bahasa Inggris yang berbeda dengan tulisannya. Dalam menghadapi masalah ini, para mahasiswa memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan masalahnya. Namun tidak sedikit dari mereka yang masih gagal terutama dalam menghadapi soal listening TOEFL. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait dengan kesulitan, strategi dan solusi terhadap kesulitan mahasiswa terutama dalam mengerjakan soal listeninf for TOEFL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian berasal dari mahasiswa IAI Uluwiyah yang mengikuti program Intensive English Program (IEP). Terdapat 28 mahasiswa dalam program ini dan semuanya diambil sebagai responden. Data penelitian diambil dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa melalui google form. Dari respon mahasiswa tersebut kemudian peneliti memberikan solusi terhadap kesulitan yang dihadapi mahasiswa. Hasil responden mengungkapakan bahwa bagian tersulit dalam listening for TOEFL adalah bagian B dan C, sedangkan yang agak mudah adalah bagian A. dari penelitian ini terungkapa bahwa hampir keseluruhan mahasiswa memilih menggunakan strategi yang diberikan oleh peneliti, walaupun beberapa masih ada yang menggunakan strategi sendiri yaitu dengan membaca pilihan jawabannya sambil mendengarkan audionya.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

amyta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Amaliyatu Tadris meliputi :1. Metodologi Pembelajaran, 2. Strategi Pembelajaran, 3. Penelitian Tindakan Kelas, 4. Literasi Media Pembelajaran. 6. Pengembangan Kurikulum, 7. Evaluasi Pembelajaran, 8. Pengembangan Profesi Guru, 9. Integrasi Teknologi dalam ...