Konsentrasi dari permasalahan utama pada penelitian ini adalah masih didapati lemahnya keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI IPS MA Al Fatah Mojosari Mojokerto. Adapun indikasi kelemahan dalam menulis Arab adalah pembelajaran bahasa arab menitik beratkan kepada penguasaan pemahanan gramatikal Bahasa Arab dan pembelajaran yang teacher centered. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menulis bahasa arab siswa melalui penerapan model siklus belajar 5e. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI IPS MA Al Fatah Mojosari Mojokerto. Kelas ini dipilih berdasarkan hasil pra-observasi, memiliki kesulitan dalam menyusun kalimat bahasa arab Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi digunakan untuk memantau aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Tes keterampilan menulis diberikan di akhir setiap siklus guna mengukur tingkat peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun teks bahasa Arab. Angket disebarkan untuk mengetahui tanggapan dan tingkat kepuasan siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan. teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan persentase secara individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa mengikuti pembelajaran, serta keaktifan dalam pembelajaran yang ditunjukan dengan peningkatan respon dari siklus pertama sebesar 64% ke siklus kedua menjadi 89%. Adapun peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan model pembelajaran konstruktif dengan model siklus 5e adalah ditunjukan dengan peningkatan rata-rata nilai kelas dari pra siklus sebesar 69,3, pada siklus I 72 dan pada siklus II sebesar 80 dan 73% dari total siswa di atas nilai KKM, sehingga disimpulkan bahwa dengan penerapan siklus belajar 5e dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab.
Copyrights © 2025