KAMBIK : Journal of Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)

PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19: EVALUASI PENGALAMAN DAN TANTANGAN SISWA: ONLINE LEARNING DURING COVID-19: EVALUATION OF STUDENT EXPERIENCES AND CHALLENGES

Muhammad Fathurrahman (Unknown)
Husain, Abdul Kadir (Unknown)
Tahang, Heriyanti (Unknown)
Ba'diah, Agus Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Pendidikan daring atau online telah menjadi kebutuhan utama dalam pendidikan selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan tantangan pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong, khususnya siswa kelas XII IPA. Melalui metode survei, penelitian ini mengungkap bahwa mayoritas responden memanfaatkan aplikasi WhatsApp dan EduMu dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Meskipun begitu, tantangan utama adalah kualitas sinyal internet yang tidak stabil dan biaya kuota yang menjadi beban siswa. Selain itu, banyak siswa merasa kurang termotivasi dan jenuh dengan sistem pembelajaran daring. Meski demikian, pembelajaran daring memungkinkan fleksibilitas dalam waktu dan tempat, serta membuka peluang untuk mengenal berbagai aplikasi pembelajaran. Namun, kurangnya interaksi sosial dan kontrol siswa menjadi kekurangan yang signifikan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya perbaikan infrastruktur dan metode dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kualitas pendidikan selama dan pasca-pandemi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

KAMBIK: Journal of Mathematics Education merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian dari Dosen, Peneliti, Guru dan Praktisi Pendidikan dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang lingkup artikel yang diterbitkan oleh KAMBIK: Journal of Mathematics Education ...