Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs ANNUR Kota Sorong pada siswa kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan LKS. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih signifikan daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa aktif terlibat dalam memecahkan masalah dengan menggunakan LKS, yang membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan belajar mandiri atau dalam kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2023