Penelitian ini dibuat dengan adanya tujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa dalam menerapkan tutor sebaya dengan media bahan ajar multimodal pada materi operasi bilangan bulat dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu metode pre-experimental one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGSD Universitas Muhammadiyah Sorong. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar mahasiswa pada operasi bilangan bulat yang dikumpulkan pada saat pretest dan posttest. Data penelitian yang dikumpulkan ditelah secara statistik deskriptif dan uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hal ini dibuktikan dengan sebelum dan sesudahnya dilakukan penerapan tutor sebaya di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah ketuntasan hasil belajar sebesar 72,15%, terjadi peningkatan nilai minimum dan maksimum dari 7 menjadi 15 dan dari 85 menjadi 100 serta terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 46,75 dengan nilai N Gain sebesar 0,67 (0,67%). Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan media bahan ajar multimodal bulat cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sorong materi operasi bilangan bulat.
Copyrights © 2023