Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 1 (2023): APRIL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA PESERTA DIDIK

Sudiptiana, I Kadek (Unknown)
I Putu Suarbawa (Unknown)
I Wayan Sugita (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK melalui implementasi model pembelajaran STAD pada siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 1 Amlapura semester I tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, terdiri dari , rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 1 Amlapura yang berjumlah 32 orang terdiri dari 18 siswa putra dan 14 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus. Persentase hasil belajar PJOK secara klasikal pada siklus I sebesar 81,25% (baik), dan pada siklus II sebesar 93,77% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,52,75% dan rata-rata dari kedua siklus adalah 87,51%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Hasil belajar PJOK meningkat melalui implementasi model pembelajaran STAD pada siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 1 Amlapura semester I tahun pelajaran 2022/2023. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan hasil belajar PJOK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...