Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SD PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN

Tafonao, Rawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 5 SD Negeri 078554 Orahua Mezawa pada materi penjumlahan pecahan. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam dua siklus dengan melibatkan 10 siswa (5 laki-laki dan 5 perempuan). Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan respons positif siswa terhadap pembelajaran PBL, termanifestasi dalam partisipasi aktif, antusiasme, dan keterlibatan dalam diskusi kelompok. Analisis tes tulis menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan PBL, dengan rata-rata nilai meningkat dari 60 pada siklus pertama menjadi 85 pada siklus kedua. Pemahaman pada tiap lapisan subjek perempuan juga mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah. Temuan ini mengindikasikan bahwa PBL memberikan dampak positif tanpa memandang gender siswa. Pembahasan mengarah pada kontribusi PBL terhadap pengalaman belajar kontekstual, respons positif siswa, dan peningkatan pemahaman materi. Perbandingan dengan penelitian sebelumnya menegaskan konsistensi temuan ini. Simpulan penelitian ini mendukung hipotesis awal, menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi penjumlahan pecahan. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih kontekstual, responsif, dan dapat diadopsi secara luas untuk materi matematika di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...