Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 100506 TAPUS NABOLAK

Lubis, Arap (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) melihat pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap minat belajar siswa di SD, 2) melihat pengaruh KAM terhadap minat belajar siswa, 3) melihat interaksi antara model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan kemampuan awal siswa terhadap minat belajar siswa di SD. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kognitif siswa. Analisis yang digunakan adalah ANAVA dua arah. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: 1) terdapat pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap minat belajar siswa di SD, 2) terdapat pengaruh KAM terhadap minat belajar matematis siswa, 3) tidak terdapat interaksi antara model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan kemampuan awal matematis terhadap minat belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...