Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Mashfufah (Unknown)
Gugus Rahmadi (Unknown)
Muliadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Matematika adalah ilmu eksak yang berperan sebagai media untuk menstimulasi cara berpikir peserta didik agar lebih terstruktur dan logis. Faktanya, pembelajaran matematika terbilang sulit dan hasil belajar peserta didik pun terbilang rendah. Hal ini memerlukan solusi berupa penggunaan model problem based learning agar mampu meningkatkan hasil belajar matematika terutama di SMPN 5 Masbagik. Diketahui bahwa model pembelajaran berdampak pada hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari 4 tahapan (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 25 orang. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda dan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peninngkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika setelah melaksanakan pembelajaran dengan model problem based learning selama 2 siklus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...