Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII-C

Sriyanti, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di Kelas VII-C SMP Negeri 13 Mataram Kota Mataram dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), khususnya pada materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas VII-C SMP Negeri 13 Mataram pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar peserta didik meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1, persentase ketuntasan belajar adalah 39% dengan nilai rata-rata 68,8, sedangkan pada siklus 2, persentase tersebut meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 80,8. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Untuk penelitian selanjutnya, dapat dipertimbangkan untuk melakukan analisis lebih mendalam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar, seperti interaksi antara guru dan siswa, serta pengaruh lingkungan belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...