Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 2 No. 1 (2024): APRIL

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 074057 MALIWAA

Lawolo, Gesman Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 074057 Maliwaa. Pendekatan tindakan kelas digunakan dengan melibatkan 23 peserta didik dalam dua siklus penelitian. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan melalui observasi langsung oleh peneliti dan penilaian dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keaktifan belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan skor rata-rata meningkat dari 68,04 menjadi 83,30. Metode diskusi terbukti mampu memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, sambil membantu mereka untuk lebih memahami materi pelajaran. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode diskusi efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 074057 Maliwaa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...