Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 2 No. 1 (2024): APRIL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 078512 SIFELENDRUA BANUA

Buulolo, Indah Mawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Tumbuhan Hijau di kelas V SDN 078512 Sifelendrua Banua. Hasil analisis data dari dua siklus penelitian menunjukkan bahwa penerapan model GI secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan skor tes formatif rata-rata siswa sebesar 23%, dengan observasi aktivitas siswa yang menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran. Sementara itu, pada siklus kedua, meskipun peningkatan skor tidak sebesar siklus pertama, namun masih terjadi peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa. Hasil ini menegaskan bahwa Model Pembelajaran Group Investigation (GI) tetap efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa bahkan setelah dilakukan penyesuaian dan perbaikan berdasarkan hasil refleksi siklus sebelumnya. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model GI merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...