Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 2 No. 1 (2024): APRIL

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Manggus, Meliana Yosefa (Unknown)
Maria Oktaviani Pio (Unknown)
Yosevina Uge Lawe (Unknown)
Patrisia Nae (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana menerapkan Media Pembelajaran Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas V. penelitian menggnakan jenis oenelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistic deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada Pra siklus adalah 60 dengan ketuntasan belajar 43.57%. Hasil belajar pada siklus 1 meningkat dengan rata-rata sebesar 79 dan ketuntasan belajar 75.25%. Rata-rata hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 90 dengan ketuntasan belajar 98.2%. Jadi, penerapan media pembelajaran berbasis etnosains pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V. Implikasi yaitu pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas siswa, adanya media pembelajaran siswa lebih tertarik, melalui penemuan materi di ingat lebih lama, pembelajaran yang di laksanakan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...