Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 2 No. 1 (2024): APRIL

PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI PADA SISWA SDI MALAMUDE

Sopo, Adriana Wea (Unknown)
Melkior Wewe (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang profil kemampuan numerasi siswa SDI Malamude. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan numerasi sebelum dan sesudah perlakuan, serta observasi terhadap proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDI Malamude. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan numerasi siswa ditunjukkan dengaan data pada siklus I meningkat 24% dengan jumlah siswa yang menjawab benar 3,2, dan pada siklus II meningkat sebesar 58% dengan jumlah siswa yang menjawab benar 8,7. Hal ini menunjukkan bahawa kemampuan numerasi siswa masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara melakukan pembelajaran numerasi berbasis level kemampuan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya kemampuan numerasi bagi siswa dalam pengembangan pembelajaran untuk memperkuat pemahaman matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...