Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif
Vol. 1 No. 3 (2024): Juli

Hakikat Pendidikan Inklusif Anak Usia Dini

Dian Ayu Lestari (Unknown)
Maretha Nur Khasanah (Unknown)
Yolanda Safitri Ambarita (Unknown)
Dea Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan suatu pendekatan pendidikan yang inovatif dan strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi semua kalangan termasuk anak berkebutuhan khusus. Layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus hendaknya dilaksanakan sejak usia dini, karena masa usia dini adalah masa dimana anak mengalami perkembangan yang pesat. Tujuan pendidikan inklusi adalah memberikan kesempatan yang sama, emosional, mental dan sosial atau memiliki potensi kecerdasan bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta mewujudkan pendidikan yang menghargai keanekaragaman dan tidak diskriminatif bagi semua peserta didik.

Copyrights © 2024