Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif
Vol. 1 No. 3 (2024): Juli

Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar

Dita Kartika (Unknown)
Selvy Syahmiati (Unknown)
Dea Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan tantangan tersendiri bagi pimpinan sekolah dan guru  lembaga pendidikan. Pendidikan inklusi di Sd perlu mendapat perhatian lebih, karena anak sd masih memerlukan perhatian intensif dari guru dan keberadaan siswa berkebutuhan khusus tentu tidak mudah untuk  mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menganalisis adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Simpulkan bahwa guru harus lebih mengetahui tentang faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah dasar negeri. Sekolah , oleh karena itu kepala sekolah, guru, dewan pendidikan dan masyarakat harus bekerjasama dalam pelaksanaannya untuk  memberikan pelayanan yang layak bagi siswa pada umumnya dan anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di sekolah dasar. 

Copyrights © 2024