Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif
Vol. 2 No. 2 (2025): April

Strategi Parenting Guru dan Orang Tua dalam Menangani Anak Bermasalah di Sekolah Dasar 006 Langgini Bangkinang, Kampar

Afriza Rahma Rani (Unknown)
Puji Yanti Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

parenting yang diterapkan oleh guru dan orang tua dalam menangani anak bermasalah di Sekolah Dasar 006 Langgini, Bangkinang, Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi sebagai alat utama pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi parenting yang efektif melibatkan komunikasi intensif antara guru dan orang tua, pendekatan kasih sayang yang konsisten, serta pemberian bimbingan dan pengawasan yang terstruktur. Sinergi antara guru dan orang tua memberikan dampak positif dalam membantu anak bermasalah untuk beradaptasi dan meningkatkan perilaku sosialnya di lingkungan sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan parenting bagi guru dan orang tua sebagai upaya meningkatkan kualitas penanganan anak bermasalah secara bersama-sama. 

Copyrights © 2025