Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 3 No. 01 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal

Pembelajaran Geometri di TK Kartika XXI-17 Kelurahan Liluwo Kecamatan Tengah Kota Gorontalo

Suriani, Lestari Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat gambaran bagaimana pembelajaran geometri di TK Kartika XXI-17 dan untuk melihat unsur-unsur yang menjadi penghambat dalam pembelajaran tersebut. Strategi penelitian i ini bersifat ilustratif subjektif. Selain itu, metode pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan metode pemeriksaan data melalui 4 tahapan, yaitu: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa kapasitas anak-anak untuk memahami bentuk geometri di TK Kartika XXI-17 belum diperkuat. Karena bentuk geometri yang dipahami oleh anak-anak hanya 3 bentuk saja, dalam kegiatan peragaan diselesaikan secara bersama-sama, oleh karena itu, dalam 1 kelas baik kelompok A maupun kelompok B hanya ada 3 sampai 5 anak yang memahami. Pendidik atau guru juga tidak membuat kegiatan dimana anak dapat menyelesaikan latihan mengumpulkan benda-benda di sekitar mereka dalam bentuk geometrinya. sedangkan unsur penghambat dalam pembelajaran geometri ini adalah tidak adanya penggunaan media serta teknik dan prosedur pendidik yang kurang tepat.Kata kunci : Pembelajaran Geometri, Faktor Penghambat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...