Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 5 No. 01 (2024): Early Childhood Islamic Education Journal

Pola Asuh Demokratis Orang Tua Petani dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini

Ramlan, Dwi Putri Windisari (Unknown)
Munirah (Unknown)
Utina, Sitriah Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola asuh orang tua petani dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini. Model penelitian ini yaitu deskriptif dengan subjek penelitian 5 orang tua petani yang berada di Kelurahan Bongohulawa. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai bula Juli 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian pola asuh demokratis orang tua petani dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di Kelurahan Bongohulawa melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa: pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua petani pada anak usia 4-6 tahun memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan kognitif anak. Pola asuh ini melibatkan perhatian, peraturan yang teratur, teladan yang baik, serta pemberian hadiah dan hukuman yang sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...