Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Penerapan Media Salt Painting pada Anak Kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo

Sahu, Rati Julianti (Unknown)
Indriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf melalui penerapan media salt painting di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo dan untuk mengetahui bagaimana tahapan media salt painting di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada anak kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah anak kelompok A dengan jumlah 24 siswa hasil penelitian ini menjelaskan pada Pra Siklus, memperoleh jumlah presentase 58,33%, mulai meningkat pada siklus I yaitu 69,71%, setelah dilakukan refleksi dilanjutkan pada siklus II dengan presentase 85,98%, maka dengan ini kemampuan mengenal huruf dapat meningkat melalui penerapan media salt painting pada anak kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak dapat ditingkatkan menggunakan media salt painting dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...