Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal

Pengembangan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab di Kelompok B1 PPAUD IT Lukmanul Hakim

Angio, Nurlaila (Unknown)
Pratiwi, Wiwik (Unknown)
Talango, Sitti Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan keaksaraan bahasa arab melalui media audiovisual di kelompok B1 PPAUD IT Lukmanul Hakim. Penggunaan media audiovisual dibantu dengan penggunaan media video sebagai alat yang mendukung media audiovisual. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas oleh Kemmis Mc Tagart. Subjek penelitian yakni anak usia 5-6 tahun kelompok B1 di PPAUD IT Lukmanul Hakim yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian Pengenalan keaksaraan bahasa arab dengan menggunakan media audiovisual didapatkan hasil penelitian presentase dari praobservasi yaitu 46.79%, kemudian peningkatan pada siklus I dengan presentase 85.62% dan sangat meningkat pada siklus II dengan presnetase 94.07% dan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keaksaraan bahasa arab dengan menggunakan media audiovisual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...