Jurnal Studi Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 2 (2023): Desember

Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di Sekolah Dasar

Kurniawati, Venna (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia saat ini masih cenderung menyamaratakan standart kecerdasan satu siswa dengan siswa lainnya dengan penilaian kognitif saja, tanpa memperhatikan keunikan-keunikan bakat dan minat yang dimiliki masing-masing peserta didik. Artikel ini membahas tentang strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences di sekolah dasar. Strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences hadir sebagai ranah pembelajaran yang menitik beratkan pada keunikan-keunikan setiap anak yang nantinya akan menjadi sebuah kelebihan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif (Library Research) atau kajian literature dengan analisis isi Hasil peelitian menunjukkan ada 14 (empat belas) strategi pembelajaran berbasis multiple intelligence yang paling sering digunakan oleh guru di sekolah dasar yaitu strategi diskusi, action research, klasifikasi, analogi, identifikasi, sosiodrama, penokohan, flashcard, gambar visual, wayang, applied learning, movie learning, environment learning, dan service learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSPED

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Social Sciences

Description

About the Journal Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI YPBWI Surabaya. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada periode Juni dan Desember sebagai wahana kajian penelitian ilmiah dalam ...