Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan peduli sosial melalui pengembangan pendidikan karakter dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengembangan perangkat ajar mengikuti rancangan ADDIE (Analysis; Desain; Develop; Implement; Evaluate) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda (1990-an) dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan rancangan prettest-posttest control group design. Hasil penelitian perangkat ajar siswa sebesar 95% sehingga dapat dikatakan berkualitas. Kemudian rata-rata nilai keterlaksanaan pembelajaran dari semua aspek antara 3,8-4 dengan persentase 97%, sangat praktis. Dalam penelitian ini, peningkatan keterampilan berpikir kritis terlihat pada saat siswa menyampaikan pendapatnya atau diskusi kelas dalam mengikuti pembelajaran secara lisan maupun secara tertulis dan terciptanya peningkatan sikap peduli sosial setelah mengikuti pembelajaran yang dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara. Pendidikan karakter sangat berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kepedulian sosial siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan pendidikan karakter dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 dapat meningkatkan berpikir kritis dan peduli sosial siswa di kelas V Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025