Jurnal Studi Pendidikan Dasar
Vol. 3 No. 1 (2025): Juni

Penguatan Profil Pelajar Pancasila; dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi dan Moderasi Beragama pada Siswa Sekolah Dasar Pademawu Timur 2

Alfinas Syarifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana SDN Pademawu Timur 2 memperkuat Profil Pelajar Pancasila melalui program tahfidz berbasis metode UMMI untuk membentuk sikap toleransi dan moderasi beragama siswa. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, tetapi juga menumbuhkan empati, kerja sama, dan sikap menghargai perbedaan. Kepala sekolah, guru, dan orang tua berperan aktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius dan inklusif. Namun, peneliti menemukan tantangan berupa perbedaan kemampuan siswa, keterbatasan sarana, dan belum adanya evaluasi sikap yang terstruktur. Peneliti menyimpulkan bahwa pengintegrasian nilai keagamaan dalam praktik harian mampu menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara efektif. Peneliti merekomendasikan penguatan sistem evaluasi karakter dan sinergi antara sekolah dan keluarga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSPED

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Social Sciences

Description

About the Journal Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI YPBWI Surabaya. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada periode Juni dan Desember sebagai wahana kajian penelitian ilmiah dalam ...