Pendampingan kegiatan belajar mengajar di Yayasan Nurul Hikmah Arrozy bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta efektivitas proses pembelajaran bagi para santri. Program ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan tenaga pendidik dan santri dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, inovatif, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Fokus utama pendampingan adalah optimalisasi pembelajaran yang terkendala oleh minimnya kesadaran dari generasi penerus untuk tetap menghidupkan lembaga kesilaman ini sehingga berdampak pada minimnya santri dan tidak optimalnya kegiatan belajar mengajar baik di TPQ Maupun di Madrasah diniyah. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan tenaga pendidik, santri, dan pengelola yayasan secara aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi program. Melalui pendekatan ini, pendampingan tidak hanya bersifat instruktif, tetapi juga memberdayakan komunitas pendidikan di yayasan agar dapat menemukan solusi terbaik bagi tantangan yang mereka hadapi. Beberapa strategi yang diterapkan dalam program ini meliputi resceduling jadawal mengajar paagi para asatidz, rapat rutin bulanan, serta penguatan nilai-nilai keagamaan dalam proses belajar mengajar. Hasil dari pendampingan menunjukkan peningkatan dalam keaktifan mengajar para guru, peningkatan minat belajar santri, serta suasana belajar yang lebih kondusif dan dinamis. Guru lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran, sementara santri menjadi lebih aktif dalam memahami materi. Dengan demikian, pendampingan ini berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Nurul Hikmah Arrozy, sekaligus memperkuat peran lembaga pendidikan Islam dalam membangun generasi yang cerdas dan berakhlak.
Copyrights © 2024