Lentera Ilmu
Vol. 1 No. 01 (2024): Januari - Juni

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural di SMA Negeri 2 Plus Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Efendi, Rustam (Unknown)
Harahap, Aidul Azhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriftik analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural adalah dengan menggunakan strategi pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural adalah Guru mengajarkan rasa kasih sayang, toleransi, kerukunan kedamaian dan sikap saling tolong menolong antar sesama dalam kehidupan sehari-hari, menunjukkan keteladanan dalam interaksi antara guru dan murid, guru mengajak murid untuk bekerjasama. Faktor pendukung mencakup pihak sekolah, sarana prasarana, dan adanya unsur terinspirasi sehingga strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 2 Plus Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan berjalan dengan baik dan lancar. Adapun faktor penghambatnya adalah kurang dukungan orang tua dan kurangnya persepsi antar guru Agama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lenterailmu

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Lentera Ilmu: Kependidikan, Riset dan Teoritis is a scientific journal with a double-blind peer-review process, published by Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Padang Lawas Gunung Tua, North Sumatra, Indonesia. This journal aims to disseminate research findings and literature reviews conducted by ...