Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI

Aplikasi Manajemen Inventaris Barang pada SMA Negeri 8 Kota Banjarmasin Berbasis Website

Muhammad Rendy Safutra (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

SMA Negeri 8 Banjarmasin sebuah pendidikan menengah yang membutuhkan banyak atas pengelolaan saran dan prasarana. Karena sekolah-bangun kompetensi, manajemen inventaris barang menjadi makin urgen. Bahkan sistem pencatatan yang digunakan masih manual, misalkan pencatatan barang masuk keluar dan peminjaman dilakukan menggunakan buku besar manual. Alhasil seringnya ada kesalahan data, keterlambatan pelaporan, sukar dilemper beli cek jika barang rusak atau sedang perbaikan. Selain itu proses permohonan dana untuk kebutuhan barang masih dilakukan secara manual sehingga mambungkan waktu proses. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka penelitian ini merancang dan membuat aplikasi manajemen inventaris berbasis website. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan banyak sumber database MySQL, menggunakan teknik pengembangan sistem model waterfall. Data dikumpulkan melalui observasi, interview dan studi pustaka yang relevan. Aplikasi ini menawarkan sistem penomeran barang masuk dan keberangkatan, pengelolaan peminjaman, pelaporan perbaikan atau keadaan rusak, aplikasi pengajuan dana digital. Selain itu sistem ini juga dilengkapi fitur pelaporan otomatis yang membantu mempermudah melihat rekap data dan membuat susunan laporan akan dapat dibagikan ke pihak sekolah. Dengan adanya aplikasi ini administrasi inventaris di SMA Negeri 8 Banjarmasin menjadi lebih terstruktur, efektif dan akurat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learntech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (Learntech) adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian, kajian konseptual, dan pengembangan dalam bidang teknologi pendidikan. Jurnal ini hadir sebagai sarana publikasi bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan pengembang media pembelajaran yang memiliki ...