cover
Contact Name
Abdul Habib Arrasyidi Desky
Contact Email
learntech785@gmail.com
Phone
+62859106945583
Journal Mail Official
mifandimandiridigital@gmail.com
Editorial Address
Komplek Senda Residence Jln Payanibung Ujung D Dalu Sepuluh-B, Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang Sumatera Utara
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 31089666     DOI : https://doi.org/10.63401/learntech
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (Learntech) adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian, kajian konseptual, dan pengembangan dalam bidang teknologi pendidikan. Jurnal ini hadir sebagai sarana publikasi bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan pengembang media pembelajaran yang memiliki ketertarikan terhadap integrasi teknologi dalam dunia pendidikan. Fokus utama jurnal ini adalah pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, baik formal maupun nonformal. Cakupan artikel dalam jurnal ini mencakup berbagai tema seperti desain dan pengembangan media pembelajaran digital, penerapan e-learning dan mobile learning, inovasi dalam pembelajaran berbasis TIK, evaluasi efektivitas penggunaan teknologi pendidikan, serta pengembangan sistem dan aplikasi pendukung pembelajaran. Jurnal ini juga terbuka untuk naskah yang membahas kebijakan, tantangan, dan etika dalam penerapan teknologi pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan (Learntech) diterbitkan secara berkala oleh PT. Mifandi Mandiri Digital dan menerapkan proses penelaahan sejawat (peer-review) guna menjamin kualitas dan orisinalitas setiap artikel yang diterbitkan. Seluruh artikel tersedia dalam format akses terbuka (open access) untuk mendukung penyebaran ilmu pengetahuan secara luas dan inklusif.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran Sekolah Tingkat SMA di MAS Al-Wasliyah Pantai Labu Habibi Afnianda
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2025): ISSUE APRIL
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di lingkungan pendidikan, khususnya di Sekolah Menengah Atas (SMA), merupakan sebuah aspek kritis dalam mendukung proses pembelajaran yang inovatif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah (MAS) Al-Wasliyah Pantai Labu. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait implementasi TIK dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAS Al-Wasliyah Pantai Labu telah mengadopsi berbagai bentuk teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa secara aktif menggunakan perangkat lunak pendidikan, multimedia, dan internet sebagai sumber belajar. Integrasi TIK dalam pembelajaran memiliki dampak positif terhadap keterlibatan siswa, memperkaya konten pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan digital. Namun, beberapa hambatan seperti keterbatasan infrastruktur dan kesiapan guru dalam pemanfaatan TIK masih perlu diatasi.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Advent Medan Sandra Dwi Hidayani
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2025): ISSUE APRIL
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan mahasiswa masa kini, dan model pengajaran PBL mengabaikan kekurangan metode pengajaran tradisional, yang lebih sesuai dengan tren perkembangan reformasi pengajaran kurikulum universitas di Indonesia. Untuk memahami pengaruh mode pengajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa, penelitian dilakukan terhadap kajian literature review yang relevan terhadap tema penelitian, yaitu eksperimen pengajaran PBL. Dan hasilnya menunjukkan bahwa model pengajaran PBL dapat meningkatkan tiga tingkat temperamen berpikir kritis bahasa Inggris yaitu analisis, keterbukaan dan adil, dan secara signifikan dapat meningkatkan dua keterampilan berpikir kritis bahasa Inggris yaitu analisis dan interpretasi, tetapi tidak meningkatkan nilai bahasa Inggris siswa. siswa secara signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkaya penelitian mengenai pengaruh model pengajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan memberikan beberapa referensi untuk meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Perangkat Keras Komputer di SMA Kelas X Martina Syukur Putriana Lase
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2025): ISSUE APRIL
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minimnya media pembelajaran digital yang berpusat pada siswa masih menjadi permasalahan dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya pada materi Perangkat Keras Komputer di tingkat Sekolah Menengah Atas. Metode pembelajaran yang dominan menggunakan ceramah menyebabkan siswa kesulitan memahami materi karena tidak dilengkapi dengan praktik yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan media pembelajaran digital pada mata pelajaran TIK kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan metode studi lapangan. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, sebagian besar siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) akibat keterbatasan sarana pembelajaran dan rendahnya keterlibatan siswa dalam proses belajar. Namun, pada siklus II, setelah metode pembelajaran diubah dan media digital dikembangkan, terjadi peningkatan signifikan pada pemahaman siswa dan capaian nilai. Sebagian besar siswa berhasil melampaui nilai KKM dan menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa variasi metode dan pengembangan media pembelajaran digital yang interaktif dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Analisis Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran TIK terhadap Motivasi Belajar Siswa Riani Watania Gulo
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2025): ISSUE APRIL
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting dalam meningkatkan potensi dan semangat belajar, terutama dalam konteks pembelajaran berbasis digital. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan digital yang relevan, sehingga kreativitas guru dalam mengelola TIK menjadi kunci dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kreativitas guru dalam penerapan TIK terhadap peningkatan motivasi belajar dan keterampilan siswa dalam sistem pembelajaran digital di SMA Yapim Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, melibatkan 30 siswa kelas X IPS 1 sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri atas tahap ceramah, demonstrasi, dan praktik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan bertahap dalam keterampilan mengetik dan pemahaman siswa terhadap materi TIK. Penilaian proses mengindikasikan peningkatan efektivitas instruksi guru dan penguasaan keterampilan oleh siswa. Evaluasi hasil belajar menunjukkan bahwa pada siklus I, 60% siswa mencapai kategori baik, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% dan masuk dalam kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi model pembelajaran digital yang dikelola secara kreatif dengan dukungan TIK mampu meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan siswa. Oleh karena itu, kepala sekolah disarankan untuk mendorong guru dalam mengembangkan kompetensi mereka dalam pembelajaran berbasis TIK guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) di Masa Pandemi Covid-19 Berbantuan Powerpoint Sinta Ulina Situmorang
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2025): ISSUE APRIL
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Virus corona (covid-19) merupakan penyakit yang dapat menular oleh virus SARS-CoV-2, virus ini telah menyerang berbagai Negara termasuk Negara Indonesia. Demi meminimalkan penyebaran virus adalah dengan terlaksananya berbagai kegiatan secara online atau virtual. Di dalam bidang pendidikan yang merupakan dampak dari pandemic Covid-19 ini adalah terciptanya program belajar secara virtual (Daring). Guru sebagai tenaga pendidik sangat lah penting sebagai faktor penentu guna berjalannya proses pembelajaran secara lancar meskipun secara daring dan tidak tatap muka seperti biasanya, salah satunya adalah dengan memilih model pembelajaran. Selaku pendidik, guru wajib memilah model pembelajaran yang cocok dan tepat untuk mengantarkan suatu konsep pada peserta didiknya. Salah satu model pembelajaran yang berfokus pada siswa serta dapat dicoba oleh guru guna meningkatkan keahlian berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran berbasis permasalahan ataupun Problem-Based Learning( PBL) dimana model pembelajaran ini dapat menunjang peserta didik mengaitkannya langsung dengan lingkungan sekitarnya. Pembelajaran dengan model Problem-Based Learning dapat di topang dengan menggunakan sebuah media demi memaksimalkan kompetisi atau hasil pembelajaran yang diharabkan terutama pada saat pembelajaran Virtual (Daring). Salah satu media yang cocok untuk diterapkan dalam model pembelajaran Problem-Based Learning adalah dengan menggunakan media powerpoint dan media ini dapat di tampilkan (share Screen) saat sedang melaksanakan kelas online seperti virtual Zoom, Google Meet, dan sebagainya.
Aplikasi Manajemen Inventaris Barang pada SMA Negeri 8 Kota Banjarmasin Berbasis Website Muhammad Rendy Safutra; Ibrahim, Ibrahim
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMA Negeri 8 Banjarmasin sebuah pendidikan menengah yang membutuhkan banyak atas pengelolaan saran dan prasarana. Karena sekolah-bangun kompetensi, manajemen inventaris barang menjadi makin urgen. Bahkan sistem pencatatan yang digunakan masih manual, misalkan pencatatan barang masuk keluar dan peminjaman dilakukan menggunakan buku besar manual. Alhasil seringnya ada kesalahan data, keterlambatan pelaporan, sukar dilemper beli cek jika barang rusak atau sedang perbaikan. Selain itu proses permohonan dana untuk kebutuhan barang masih dilakukan secara manual sehingga mambungkan waktu proses. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka penelitian ini merancang dan membuat aplikasi manajemen inventaris berbasis website. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan banyak sumber database MySQL, menggunakan teknik pengembangan sistem model waterfall. Data dikumpulkan melalui observasi, interview dan studi pustaka yang relevan. Aplikasi ini menawarkan sistem penomeran barang masuk dan keberangkatan, pengelolaan peminjaman, pelaporan perbaikan atau keadaan rusak, aplikasi pengajuan dana digital. Selain itu sistem ini juga dilengkapi fitur pelaporan otomatis yang membantu mempermudah melihat rekap data dan membuat susunan laporan akan dapat dibagikan ke pihak sekolah. Dengan adanya aplikasi ini administrasi inventaris di SMA Negeri 8 Banjarmasin menjadi lebih terstruktur, efektif dan akurat.
Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Memperkuat Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Padang Lawas Utara Ali Hardana; Yusriani Nasution
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Mikro dan Kecil (UMK) memiliki kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk di Kabupaten Padang Lawas Utara. Namun, tantangan seperti rendahnya literasi bisnis, keterbatasan akses teknologi, dan lemahnya inovasi masih menghambat perkembangan UMK. Pendidikan kewirausahaan menjadi strategi kunci untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam menghadapi persaingan dan perubahan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan kewirausahaan dalam memperkuat daya saing dan kinerja UMK di Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 120 pelaku UMK, dilengkapi analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan keterampilan manajerial, inovasi produk, dan kemampuan pemasaran. Responden yang mengikuti pelatihan kewirausahaan secara rutin mengalami peningkatan omzet rata-rata 18% per tahun dibandingkan pelaku usaha tanpa pelatihan. Temuan ini mengindikasikan bahwa penguatan program pendidikan kewirausahaan, khususnya yang terintegrasi dengan teknologi digital dan pemasaran daring, dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan UMK di daerah.
Pengembangan Multimedia Interaktif “SIKARIER” Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa SMAN 1 Kalibawang Aji Ramadhan; Wagiman, Wagiman; Edy Cahya Saputra
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif “SIKARIER” berbasis Articulate Storyline 3 sebagai media layanan informasi karier untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru BK, serta siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalibawang. Data dikumpulkan melalui angket validasi dan tanggapan pengguna, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan multimedia “SIKARIER” sangat layak dengan skor 97,5% dari ahli media dan 83,3% dari ahli materi. Uji coba lapangan menunjukkan tingkat kepraktisan tinggi dengan respon guru BK 100% dan siswa 94,3%. Produk dilengkapi fitur interaktif seperti navigasi, drag-and-drop, audio, animasi, serta dapat diakses melalui Android maupun browser HTML5. Dengan demikian, multimedia “SIKARIER” layak dan praktis digunakan untuk mendukung layanan informasi karier di sekolah.
Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavior untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri PPDQ Imam Asy-Syafi'i Ahmad Samsul; M. Jumarin; Wagiman, Wagiman
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior melalui teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan kedisiplinan santri putra Pondok Pesantren Darul Qur’an Imam Asy-Syafi’i Pengasih, Kulon Progo. Populasi penelitian berjumlah 22 santri angkatan 2023 dan 2024. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan hasil pre-test kedisiplinan, sehingga diperoleh 6 santri dengan skor terendah sebagai kelompok eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) tipe one group pre-test–post-test design. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang dikembangkan berdasarkan indikator kedisiplinan santri. Instrumen divalidasi melalui uji validitas isi oleh ahli dan reliabilitas internal, sehingga dinyatakan layak digunakan untuk pengumpulan data. Data penelitian dikumpulkan melalui pengisian angket sebelum dan sesudah perlakuan konseling kelompok, serta didukung dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kedisiplinan santri setelah mengikuti layanan konseling kelompok. Uji hipotesis menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test. Dengan demikian, layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior melalui teknik kontrak perilaku terbukti efektif meningkatkan kedisiplinan santri putra.
Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Pemberian Penguatan Guru terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas V Wiwit Sri Intan; Yulia Palupi; Novy Trisnani
LEARNTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri peserta didik kelas V SDN Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan pemberian penguatan guru terhadap kepercayaan diri peserta didik, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 25 peserta didik kelas V yang juga menjadi sampel. Instrumen berupa kuesioner skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan pemberian penguatan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri peserta didik, baik secara parsial maupun simultan, dengan kontribusi sebesar 70%. Temuan ini menegaskan pentingnya peran orang tua dan guru dalam membangun karakter percaya diri anak sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10