Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Keislaman
Vol. 3 No. 2 (2022): NOSIPAKABELO : JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING KEISLAMAN

Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Self Control Siswa di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu

Jamaruddin (Unknown)
Syamsuri (Unknown)
Alimuddin, Nurwahida (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Adapun yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana self control siswa di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu, (2) bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam meingkatkan Self Control siswa di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu, dan (3) apa faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan konseling dalam meningkatkann Self Control siswa di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi guna mendapatkan data yang benar-benar falid dan dapat dipertangggung jawabkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self Control Siswa di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu yaitu dengan adanya hubungan antara siswa dengan siswa, hubungan antara siswa dengan guru. Adapun peran guru bimbingan konseling dalam menigkatkan Self Control siswa yaitu dengan melakukan tindakan preventif, tindakan kuratif dan tindakan pembinaan. Dan faktor pendukung guru bimbingan konseling dalam meningkatkan Self Control Siswa di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu yaitu keaktifan guru wali kelas dan peran orang tua siswa, guru bimbingan konseling bekerja sama dengan guru-guru dan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat guru bimbingan konseling dalam meningkatkan Self Control Siswa di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu yaitu berasal dari faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa itu sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nosipakabelo

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Nosipakabelo Journal: Islamic Guidance and Counseling is a scientific publication that disseminates research findings, theoretical studies, and field studies in the fields of counseling, guidance, and educational psychology, from both Islamic and general perspectives. This journal serves as an ...