Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 3 (2024): SEPTEMBER

Analisis Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 09 Tanjung Lay

Holanda, Laorensiana (Unknown)
Peterianus, Septian (Unknown)
Tirsa, Aprima (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Abstract: This research aims to describe teacher strategies for overcoming initial reading difficulties in class II students at the 09 Tanjung Lay state elementary school. Qualitative reseach method with a qualitative descriptive reseach type with a case study approach the research instruments used were observation sheets, interview sheets, and documentation, the reseach subjects were teachers and students, the research object was the teacher strategy to overcome early reading difficulties in class II students research data used techniques data collection data analysis and data processing. Data processing with data editing classification, verification, and conclusions. The results of the research show that the implementation of the learning process, especially initial reading in class II, is quite good because almost some of the students are already fluent in reading, although there are some who still falter in initial reading. Can be concluded that the teacher strategy in the learning process is an effort to overcome children initial reading difficulties so that students can begin reading well.Keywords: Teacher Strategy, Reading beginning Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan strategi guru mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 09 Tanjung Lay. Metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Objek penelitian yaitu strategi guru mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II. Data penelitian menggunakan teknik pengumpulan data, analisis data, dan pengolahan data. Pengolahan data dengan pengeditan data, klasifikasi, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan dalam pelaksanaan proses pembelajaran terutama membaca permulaan di kelas II sudah tergolong baik, karena hampir Sebagian dari siswa sudah lancar dalam membaca, meskipun ada beberapa yang masih terbata-bata dalam membaca permulaan. Dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam proses pembelajaran, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada anak, agar siswa dapat membaca permulaan dengan baik.Kata kunci: Strategi Guru, Membaca Permulaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ADJPP

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR (JPPSD) ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh ...