Jurnal UNIV.BI MENGABDI
Vol 4 No 1 (2025): Jurnal UNIV.BI Mengabdi : Juni

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN STRATEGI PROMOSI PRODUK LOKAL BERBASIS MEDIA SOSIAL

Arif, Alfis (Unknown)
Itteridi, Vike (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Media sosial merupakan sarana efektif dan murah untuk promosi produk lokal, namun belum dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku usaha di RT 03 RW 03 Simpang Mbacang, Kota Pagar Alam. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan media sosial sebagai strategi promosi digital. Mitra kegiatan adalah warga yang memiliki usaha kecil atau rumahan. Metode yang digunakan participatory action research berupa pelatihan selama dua hari dengan pendekatan praktik langsung yang mencakup pembuatan akun bisnis di Facebook dan WhatsApp, teknik pengambilan foto produk, penulisan caption promosi, dan simulasi unggah konten. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dengan rata-rata peningkatan hasil post-test sebesar 46%. Peserta juga berhasil membuat akun media sosial bisnis dan mulai mempraktikkan promosi mandiri. Pelatihan ini berdampak positif terhadap pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan literasi digital dan pemasaran produk lokal. Kegiatan ini direkomendasikan untuk dilanjutkan dengan pendampingan berkelanjutan.

Copyrights © 2025