ABDIMAS NUSANTARA
Vol. 7 No. 1 (2025): ABDIMAS NUSANTARA (Juli)

Strategi Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Dengan Marketing Mix di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto

Isnaini, Nurdiana Fitri (Unknown)
Verlandes, Yuliasnita (Unknown)
Nersiwad, Nersiwad (Unknown)
Baidlowi, Imam (Unknown)
Hadi Purnomo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat pedesaan. Namun, pelaku UMKM di Desa Sidomulyo, KecamatanBangsal Kabupaten Mojokerto menghadapi kendala dalam memasarkan produknya secara optimal, terutama dalam aspek branding, promosi, dan distribusi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam menerapkan strategi marketing mix, yaitu strategi Product, Price, Place dan Promotion. Metode kegiatan meliputi edukasi kepada 32 pelaku usaha bertempat di bale desa Sidomulyo. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan implementasi strategi pemasaran, ditandai dengan perubahan dalam pengemasan produk, peningkatan penggunaan media sosial, serta perbaikan proses layanan pelanggan. Program ini diharapkan dapat memperkuat daya saing UMKM Desa Sidomulyo di pasar lokal maupun digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimasnusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

ABDIMAS NUSANTARA merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Islam Majapahit. Jurnal ABDIMAS NUSANTARA merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan menggunakan Open Jurnal System dengan nomor ISSN online 2685-7316, diterbitkan 2 kali dalam satu tahun ...