Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

MENGENALI DAN MEMAHAMI KARAKTERISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Nuwa, Aprilia Ayuni (Unknown)
Ngadha, Christina (Unknown)
Longa, Viviana Meo (Unknown)
Una, Yosefania (Unknown)
Wau, Maria Patrisia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus menjadi sebuah tantangan didalam dunia pendidikan, karena tidak semua sekolah berdesia menerima anak berkebutuhan khusus didalam lingkungan pendidikannya. Anak-anak berkebutuhan khusus pada umumnya adalah anak-anak yang tumbuh dan berkembang dengan berbagai perbedaan dengan anak-anak pada umumnya. Istilah Anak Berkebutuhan Khusus dengan kebutuhan khusus tidak mengacu pada sebutan untuk anak-anak penyandang cacat tetapi mengacu pada karakteristik yang khusus yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus. Ada berbagai jenis dalam lingkup jangka waktu dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Dalam pendidikan khusus di Indonesia, anak-anak yang berkebutuhan khusus dikategorikan dalam hal anak-anak tunanetra, tunarungu,tunadaks, tunagrahita, dan tunalaras. Setiap anak dengan kebutuhan khusus juga membutuhkan layanan khusus yang sesuai dengan kemampuan dan karakteristik dari anak-anak itu sendiri. Penting untuk melaksanakan kegiatan dalam hal untuk mampu mengenali karakteristik anak berkebutuhan khusus serta kemampuan dan kebutuhan dari anak-anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 3. Pengembangan Bahan Ajar ...