Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

INOVASI STRATEGI GUNA MENGHADAPI TANTANGAN PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C WIDYA BHAKTI KOTA SEMARANG

Rika Apriliana (Unknown)
Muhamad Afandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Strategi pembelajaran sangat penting terutama dalam konteks pendidikan anak tuna grahita di SLB. Strategi pembelajaran yang efektif membantu mengatasi tantangan pada pembelajaran serta memastikan bahwa anak menerima pendidikan yang berkualitas, yang merupakan fondasi masa depan bagi mereka. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh SLB-C Widya Bhakti Kota Semarang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara yang mendalam dan dianalisis menggunakan metode triangulasi dengan subjek penelitian yaitu guru kelas dan salah satu siswa tunagrahita. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan pada pembelajaran anak tunagrahita didasarkan oleh tantangan pembelajaran yang dialami. Strategi pembelajaran anak tunagrahita yang diterapkan oleh SLB-C Widya Bhakti adalah metode ceramah dan pengulangan, pendekatan secara individual, metode pengajaran dengan menggunakan benda konkret, serta pendekatan sosial dan emosional siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 3. Pengembangan Bahan Ajar ...