Pendidikan inklusif menjamin hak setiap anak, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), untuk memperoleh layanan pendidikan yang sesuai kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pembelajaran efektif untuk ABK di SDN Madyopuro 01 menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan personal, diferensiasi kurikulum, media pembelajaran kreatif, dan kolaborasi antara guru, orang tua, serta tenaga ahli menjadi faktor kunci keberhasilan. Strategi seperti Universal Design for Learning (UDL) dan peer tutoring membantu meningkatkan partisipasi akademik dan keterampilan sosial ABK. Meskipun terdapat tantangan seperti kurangnya Guru Pendamping Khusus (GPK), guru dapat mengatasinya dengan pendekatan adaptif. Pendidikan inklusif di SDN Madyopuro 01 tidak hanya memenuhi kebutuhan ABK tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung interaksi positif antar siswa. Keberhasilan ini membutuhkan sinergi seluruh pihak dan inovasi dalam strategi pembelajaran.
Copyrights © 2025