Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata
Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata

DAMPINGAN LITERASI NUMERASI DI SD NEGERI SUKAWANA KECAMATAN BANGLI TERINTEGRASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Mahayani, Khrisna (Unknown)
Yuliastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Permasalahan yang ditemukan adalah masih kurangnya minat baca siswa, belum ada program literasi dan numerasi yang berjalan dengan rutin, dan disiplin siswa yang masih kurang. Kami merancang beberapa program yang sekiranya akan cocok dan membantu mengatasi permasalahan yang terjadi. Hal ini juga didukung hasil observasi dan wawancara langsung yang dilakukan, menemukan beberapa masalah yang bisa diupayakan untuk menjadi program kerja dengan harapan bisa membawa perubahan untuk lingkungan belajar siswa di SD Negeri 4 Sukawana. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan metode demonstrasi, belajar berdasarkan kemampuan awal, serta kegiatan diluar kelas. Hasil temuan kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi setelah dilaksanakan pendampigan melalui berbagai program. Program pendampingan meliputi (1) Program yang berkaitan dengan literasi ada 4 program, yakni Pohon Literasi Cantik (POLICAN), Tulisan Motivasi/Slogan, Sabtu Merdeka (Baca, tulis), dan Mengenal Planet. (2) Program yang berkaitan dengan numerasi ada 3 program, yakni Papan Unik (PANIK), MathEducation, dan Sabtu Merdeka (numerasi). (3) Program terkait adaptasi teknologi ada 3, yakni Cerita Gambar Komik (CERGAMIK), E-LKPD, dan Siswa Pintar. (4) Program untuk pengelolaan dan pemanfaatan buku bacaan adalah mengelola administrasi perpustakaan, (5) Program untuk pengelolaan dan pemanfaatan pojok baca. (6) Program pelestarian lingkungan atau mitigasi perubahan iklim dengan Pilah Sampah (PISAH). (7) Program pengembangan karakter siswa dengan pengadaan Mini UKS dan program Disiplin Berakhlak Mulia (DBM), dan (8) Program kegiatan di luar kelas yakni Happy Day setiap hari Sabtu dan Festval Literasi dan Numerasi. Hasil pendampingan siswa, terdapat peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang sangat baik. Untuk nilai literasi, siswa awalnya mendapat persentase keberhasilan sebanyak 50% dan mengalami peningatan saat penilaian dengan persentase keberhasilan mencapai 93%. Untuk nilai numerasi, siswa memeroleh persentase keberhasilan sebanyak 29% dan mengalami peningkatan yang sangat baik saat penilaian dengan persentase keberhasilan mencapai 98%. Cukup banyak tantangan yang tim kampus mengajar hadapi selama masa penugasan. Namun, kami selalu mendapat bantuan dan dukungan dari guru di sekolah, siswa, dan dosen pendamping untuk kelancaran penugasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jckkn

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata (JC-KKN) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JC-KKN mencakup kajian tentang hasil kegiatan pengabdian mahasiswa dan dosen baik berupa pendampingan, pelatihan, penyuluhan, atau kegiatan lainnya ...