Kepercayaan diri siswa merupakan elemen penting untuk mendukung keberhasilan mereka baik secara akademik maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan literature review untuk menganalisis efektivitas konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa konseling kelompok bekerja melalui mekanisme seperti catharsis, self-reflection, dan modeling, yang membantu siswa mengatasi rasa tidak percaya diri, meningkatkan keterampilan sosial, dan membangun kepercayaan diri secara bertahap. Dukungan sosial dalam konseling kelompok memberikan siswa rasa diterima dan dihargai sehingga mempercepat proses perubahan psikologis. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan utama, seperti kurangnya pelatihan konselor, keterbatasan waktu dan sumber daya, serta resistensi siswa. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan literasi kelompok bagi konselor, dukungan yang memadai dari pihak sekolah, dan pendekatan berbasis bukti untuk meningkatkan efektivitas layanan konseling kelompok di sekolah. Dengan strategi yang tepat, konseling kelompok dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk membangun generasi yang percaya diri dan mampu menghadapi tantangan kehidupan.
Copyrights © 2024