Rencana strategis yang baik bisa menunjang tingkatkan mutu pendidik. Terkadang perencanaan yang baik tidak senantiasa menciptakan eksekusi yang baik. Tujuan dari riset ini ialah untuk mengenali daya guna perencanaan strategis yang dilaksanakan di SMP Nurul Islam Jati Agung dalam tingkatkan mutu pendidik. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian lapangan yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Survei ini melibatkan pengamatan dan wawancara, serta pengumpulan dokumentasi tertulis. Data dianalisis untuk menyajikannya dengan cara yang efektif dan untuk memverifikasi keakuratannya. Setelah itu, penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk memastikan bahwa informasi tersebut dapat diandalkan. Sebagai hasil dari penelitian ini, rencana strategis SMP Nurul Islam Jati Agung berhasil dilaksanakan sebagai berikut: untuk setiap tugas. Mengidentifikasi berbagai undang-undang, peraturan, kebijakan tentang guru untuk meningkatkan kualitas pendidik. Mewujudkan visi, misi, dan nilai sekolah.melalui Analisis SWOT sebagi alat yang untuk membantu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sebagi salah satu cara untuk mengevaluasi posisi perusahaan saat ini dan menentukan bagaimana memperbaikinya. Kegiatan ini didukung oleh pembentukan tim.Pelaksanaan renstra di SMP Nurul Islam Jati Agung meliputi beberapa tindakan, antara lain mempersiapkan pelaksanaan kegiatan dengan mengadakan pertemuan untuk menentukan kegiatan apa yang harus dilakukan dan tujuan utamanya. Kepala sekolah memilih target pelatihan secara acak. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah memastikan komunikasi yang baik antar anggota. Kepala sekolah dan yayasan bekerja sama untuk memastikan bahwa kegiatan dilakukan di sekolah. Perencanaan strategis dievaluasi secara berkala. Evaluasi dilakukan pada pertemuan awal tahun, pembahasan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun depan, penyusunan rencana aksi dan jadwal penanggung jawab kegiatan.
Copyrights © 2022