Marifah: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Peradaban Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): Marifah: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Peradaban Islam

Inovasi Pendidikan Islam: Strategi Unggulan Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an di SDIT El-Wafa Kedungwaringin Kabupaten Bekasi: strategy, tahfidz teacher, memorizing al-qur'an

Hendrawati, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru tahfidz dan kendala yang dihadapi dalam membantu siswa menghafal Al-Quran di SD Islam Terpadu El-wafa Kedungwaringin Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Guru Tahfidz dan siswa SDIT El-wafa menjadi subjek penelitian ini. Berdasarkan hasil survei, upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa adalah sebagai berikut: 1) memotivasi siswa, memuji siswa bila berhasil menghafal Al-Qur'an dengan baik, 2) memberikan pekerjaan rumah dan hukuman. kepada siswa. Upaya ini dilakukan dengan guru yang memperhatikan tujuan sekolah, menghukum siswa jika tidak menyelesaikan pekerjaan rumahnya, dan membimbing siswa untuk menjaga muraja'ah. Tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa adalah sebagai berikut: 1) adanya siswa yang belum mampu membaca Al-Quran dengan baik, 2) keseharian guru yang dapat menghambat konsentrasi dalam mengajar, 3) kemalasan siswa ketika penghafal Al-Quran, dan 4) siswa dengan kecerdasan yang berbeda-beda. Kata kunci: strategi, guru tahfidz, menghafal al-qur’an

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

marifah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Marifah: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Peradaban Islam is a peer-reviewed academic journal that focuses on scholarly studies and critical analysis in the field of Islamic education and the development of Islamic civilization. The journal seeks to provide a platform for researchers, academics, and ...