Abstrak Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran wajib di suatu lembaga pendidikan dimana mata pelajaran matematika di anggap sulit oleh siswa, sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran salah satunya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran adalah salah satu hal yang penting dalam dunia pendidikan. Media dapat dijadikan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dengan tujuan agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa. Maka peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran papan berbaku untuk meningkatkan hasilbelajar geometri pada siswa kelas V di MIS Muhammadiyah Pandean. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: media pembelajaran papan berpaku valid untuk digunakan hal ini dibuktikan dengan adanya uji validasi dari para pakar ahli media dan ahli materi.
Copyrights © 2023