Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices
Vol. 8 No. 2 (2024): Vol 8 No 2 (2024): November

Pendidikan Aqidah dalam Kisah Ashabul Kahfi menurut Tafsir Al-Munir

Bagaskara, Muhammad Dzulfikar Tri (Unknown)
Jantung Negara, Kukuh (Unknown)
Hidayat, Syamsul (Unknown)
Salim, Hakimuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Abstrak- Penelitian ini mengkaji pendidikan aqidah dalam kisah Ashabul Kahfi (QS. Al-Kahfi: 9-28) berdasarkan Tafsir Al-Munir karya Syekh Wahbah az-Zuhaili. Dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka dan metode tematik (maudhu’i), penelitian ini mengidentifikasi nilai-nilai aqidah yang terkandung dalam kisah tersebut. Data primer berasal dari ayat-ayat Al-Qur’an, sedangkan data sekunder mencakup literatur pendidikan aqidah. Teknik analisis isi digunakan untuk menggali makna mendalam dari tafsir ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan aqidah dalam kisah Ashabul Kahfi meliputi keteguhan tauhid, hijrah demi mempertahankan iman, tawakkul kepada Allah, do’a sebagai sarana penguatan iman, kesadaran akan kekuasaan Allah, dan pentingnya pergaulan yang mendukung keimanan. Tafsir Al-Munir menekankan relevansi nilai-nilai ini dalam membangun karakter Muslim yang kokoh di era modern. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan pendidikan aqidah yang relevan bagi generasi Muslim, khususnya dalam menghadapi tantangan zaman seperti sekularisme dan materialisme. Nilai-nilai ini dapat menjadi panduan dalam membentuk fondasi iman yang kuat dan berdaya tahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

iseedu

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices is to challenge exellence in professional education by promoting forward-research-finding scholar, progressive and innovative, to bridge the gap between education and professional practice to inspire and challenge tomorrow’s ...