Jurnal Psikoedukasia
Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia

Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Anisa Berlianda (Unknown)
Fitriana, Siti (Unknown)
Ajie, G Rohastono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitan yang digunakan ialah pre- eksperimen design dengan desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini diambil ialah 5 mahasiswa akhir yang terpilih dengan teknik purposive sampling.Pada uji paired sample t test antara hasil pre test dan post test yang dapat diperoleh nilai sig(2-tailed) sebesar 0,00<0,05 maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha“diterima”.Terdapat perbedaan antara hasil pre test dan post test prokrastinasi akademik sesudah diberikan treatment layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Sehingga dapat dikatakan bahwa“Ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir”.Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita dapat digunakan untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Kata kunci: Konseling Kelompok, Realita, Prokrastinasi Akademik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedu

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL OF PSIKOEDUKASIA is a scientific journal of ideas and research results in the field of Guidance and Counseling, published by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, Universitas PGRI Semarang. The purpose of this journal publication is to disseminate research results ...